KECEPATAN CAHAYA

5 May

MENIKMATI terpaan mentari pagi adalah kebiasaan yang rutin yang Al lakukan, tentu saja jika sang matahari muncul dominan mengalahkan kumpulan mega di cakrawala. Berjalan kaki menuju kantor di pagi hari, atau secara sengaja berjemur menikmati hangatnya matahari, begitulah cara Al menikmatinya.

Sejak kecil Al memang memang tertarik dengan benda-benda angkasa, alam semesta, astronomi begitu bahasa ilmiahnya.

Sinar matahari yang menerpa kulit kita ini adalah energi yang dipancarkan oleh matahari delapan menit yang lalu” ujar Al sambil mengarahkan kamera HP nya ke arah kulit lengannya.

Kok bisa begitu bukannya matahari saat ini juga memang sedang bersinar?” sahut Ling diujung HP satunya lagi, namun kali ini Ling tidak sedang berjemur, melainkan masih berbalut selimut di tempat tidurnya.

Betul Ling, namun matahari jaraknya 150 Juta km dari tempat saya berjemur ini, dan itu Satu juta kali jarak Bandung-Jakarta lewat Jalan Tol”,  respon Al

Ling melihat ekspresi wajah Al mulai serius, “Alamat mulai ceramah panjang nih..”, gumam Ling dalam hati.

Bedanya klo jarak Bandung-Jakarta dengan kendaraan berkecepatan 100 km/jam akan menempuh 1.5 Jam, maka cahaya yang berkecepatan 300 ribu km/detik akan menempuh jarak matahari-bumi dalam 8 menit”, pungkas Al dengan meyakinkan.

Waaaahhh, tigaratus ribu kilometer perjam, kebutttt”, Ling menimpali.

Nah, matahari berjarak 8 menit cahaya, maka bintang-bintang yang nampak di malam hari tentu berjarak lebih “lama” lagi. Katakanlah bintang Sirius, yang merupakan bintang paling terang diantara bintang-bintang yang lain, memiliki jarak 8,6 tahun cahaya”.

8,6 tahun cahaya, berarti 8,6 x 365 x 86.400 x 300 ribu km per detik………” batin Ling dalam hati..

Yup, pokoknya trilliun an kilometer lah”, ujar Al berusaha memahami cara mata Ling berhitung.

Yang menarik nih Ling, misal di bintang Sirius itu ada mahluk yang memiliki teropong maha kuat sedang diarahkan ke bumi kita, ke rumah kamu Ling, apa yang kira2 saat ini mahluk itu saksikan?”, Al melanjutkan

Hahaha kalau mahluk itu mengarahkan teropong ke rumah Ling, tentu akan didapati kondisi perumahan yang sepi, tidak ada lalulalang kendaraan, tidak ada keramaian pasar di ujung jalan, halaman sekolah kosong, semua sepi karena lagi Social Distancing, iya kan?” Ujar Ling penuh semangat.

Salah Ling, mahluk itu tidak sedang melihat seperti itu

Lalu apa yang dia lihat kalau bukan kondisi saat ini?”, ujar Ling dengan terheran-heran

Begini Ling, Jarak bumi ke Bintang tadi adalah Trilliunan kilometer, alias 8,6 tahun cahaya, artinya, perlu waktu 8,6 tahun sebuah cahaya berangkat dari Bintang Sirius untuk tiba ke Bumi..

Wait, wait, artinya jika saat ini mahluk itu sedang meneropong ke rumah saya, dia akan melihat keadaan rumah saya 8,6 tahun yang lalu? Begitukah Al?” ujar Ling tidak sabar.

Persis Ling, secata teori demikian, namun sekali lagi tentu diperlukan teropong yang maha kuat untuk bisa melakukan itu

Berarti mahluk itu akan melihat situasi dimana jalanan depan rumah masih ramai, pasar juga ramai, anak-anak sekolah berlarian di halaman sekolah, semua peristira 8 tahun yang lalu, begitu ya?

Al mengangguk-ngangguk.

Bintang Sirius adalah termasuk bintang yang “dekat” dengan kita, sementara jutaan bahkan milyaran bintang di angkasa ini jaraknya bisa puluhan, ratusan, jutaan bahkan Milyaran tahun Cahaya. Bintang terjauh yang hingga saat ini teramati dari Bumi adalah sejauh 9 Millyar Tahun Cahaya”, Al melanjutkan

ck..ck..ck..ck”membayangkan besarnya alam semesta ini sudah cukup membuat perut Ling bergolak.

Oh ya Al ada kah benda yang lebih cepat dari cahaya?” tanya Ling mengatasi perutnya yang mual hendak ke belakang.

Secara skala laboratorium dan penelitian mungkin ada, namun secara umum belum ada yang melebihi kecepatan Cahaya”, yakin Al

Salah, saya kebelakang dulu Al, sebentar lagi isi perut ini akan keluar dengan kecepatan melebihi kecepatan cahaya”, ujar Ling sambil berlari ke WC

BRAK..…brebet..brebet….***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: