WC KERETA API

1 May

Ke manapun Al pergi, dia selalu mencari toilet. Katanya, untuk memuaskan rasa dominasinya. Konon seekor anjing akan kencing untuk menandai wilayah “kekuasaan” nya.

Begitu pula Al yang merasa lega kalau sudah menandai tempat dia berada dengan kencing di toiletnya. Hihihi, lebh baik begitu kan daripada dengan mencoret-coret dindingnya.

“Eh Ling, titip foto toiletnya ya,” pinta Al kalau mereka sedang bepergian masing-masing dan ke lokasi yang belum pernah dikunjungi Al.

Awalnya Ling heran dan sebel juga koq nitip foto aneh begitu. Ah tapi ga apa deh. Daripada nitip oleh-oleh yang mahal kan foto WC mudah saja, ini lokasi yang pasti akan dikunjungi di manapun dan ke manapun.

“Loe punya koleksi foto WC lengkap, Al?” tanya Ling. Sementara kereta api dari stasiun KA Balapan Solo itu mulai melaju menuju Stasiun KA Tugu Jogja.

“Punya donk, tapi dari semua WC umum di moda transportasi bus, kapal laut, pesawat terbang dan kereta api, gue menilai WC kereta api itu paling unik. WC kereta api itu ada sejarah panjang dan modifikasinya menarik, lho Ling.”

“Aduhh, Al…WC ajah menarik.”

“Ya iya lah, masak ya iya dong.”

“Cuma dari lubang di WC ‘cemplung’ di kereta api gue bisa melihat rel kereta tepat di bawahnya. Jika kebetulan WC gelap, cahaya terang dari luar akan bisa menerobos masuk lewat lubang WC itu.”

“Sambil berhajat, kita bisa juga lihat tanah di kiri kanan rel, rumput, batu, kadang aspal waktu kereta api lewat di persimpangan dengan jalan raya. Gue juga pernah sengaja ke toilet untuk sekedar jongkok. Gue takjub ada pemandangan spektakuler dari lubang toilet, warna warni bergantian cepat banget”.

“Haaahh?! Terus kotoran nya jatuh begitu ajah ke rel? Ke jalan raya? Hiihhhh…”

“Ga lahh, masak ga dong sih, Ling. WC cemplung ini benar-benar desain yang cerdas. Kotoran yang keluar dari lubang toilet, kan langsung hancur terlindas roda-roda kereta. Tapi, kalau ada yang berhajat di gerbong paling belakang dan tepat saat lewat di persimpangan jalan, nah itu tuh pasti kotorannya tidak akan sempat terlindas dan nemplok di tengah jalan. Iiihhhhihiihi…..”

Al ketawa ketiwi. Ling sudah mulai mual.

“Eh, Ling. Bayangkan kalau ada yang lagi lepas hajat di WC kereta api dalam kondisi berguncang. Belum lagi akibat laju nya kereta,efek angin yang bertiup di mulut lubang akan berlaku efek bernoulli. Kotoran yang jatuh ke luar melalui lubang, akan terlempar kembali, terangkat dan muncrat teraduk aduk, mengotori kaki dan bokong.”

Ling makin mual. Hoeekkss….ooheekks….

Cerita kurang senonoh terus berlanjut.

“Hmm..Mungkin efek tidak sedap itu pernah terjadi dan menimbulkan kerepotan. Jadilah sekarang teknologi WC kereta api sudah lebih baik dan manusiawi dengan menggunakan “leher angsa”. Itu semacam pipa melengkung seperti halnya kloset di rumah-rumah, bahkan kabarnya sekarang sudah ada yang menggunakan tangki septik buat penampung sementara bagi korotan sebelum dibuang. Terus, ada pipa memanjang di dinding untuk berpegangan.”

Al agak kecewa juga karena tidak bisa melihat rel kereta lagi dari lubang WCnya. Tapi, tidak apa karena tempat membersihkan diri harus bersih dong….

Syukurlah….meskipun cerita itu belum sanggup membuat Ling yang sudah ingin pipis sejak 3 stasiun terlewati tadi, untuk beranjak ke WC.

“Kalau nanti mau ke WC, lihat deh biasanya ada tulisan peringatan: tidak berhajat saat kereta berhenti di stasiun. Ngerti kan, kenapa?”

“Waduh buat penumpang yang lagi kebelet dan harus menunggu kereta berjalan, sungguh penderitaan dong.”

“Silakan ajah kalau mau coba.” Ogah, ahh….

Di kursi belakang, terdengar seorang ibu menasehati anaknya,”Jangan banyak minum nanti pipis dijalan.”

***Sudah tahu kan, WC itu singkatan dari Water Closed

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: