PESAWAT TERBANG BISA MUNDUR KAN?

27 Feb

“Al, kenapa ya pesawat itu kalo mundur harus didorong pake mobil?” tanya Ling. Saat itu mereka sedang menunggu jadwal terbang sambil duduk di boarding room menghadap kaca lebar, memandang hilir mudik pesawat yang “parkir”.

“Pesawat itu gak bisa mundur tauk!” Ling manggut-manggut.

“Eh, kenapa ga bisa mundur?” tanya Ling lagi yang baru ngeh ada penjelasan yang kurang, rasanya.

“Lha…pesawat kan ga perlu mundur waktu terbang. Jadi, ga perlu dibuat untuk bisa mundur. Jadi, saat di darat mundurnya harus didorong.” Al menjawab Sambil terus mengamati bagaimana pesawat landing. Itu tanda-tanda Al sebentar lagi membuat Ling pusing dengan pertanyaan menguji dan analisa-analisanya.

“Eh, eh coba liat deh, Ling. Bagaimana pesawat yang landing itu nge-rem sampai berhenti. Tentu tidak sama seperti bagaimana mobil atau bus mengerem lajunya. Pesawat itu lebih besar dan harus berhenti dari kecepatan ratusan kilometer per jam, tentu tidak bisa mengandalkan rem di roda-roda nya.”

“Tuh kan…mulai deh pertanyaannya”.

“Mungkin remnya banyak,” Ling menjawab asal.

“Al melirik sebel. Sejurus kemudian pandangannya kembali mengamati bagaimana saat pesawat menyentuh landasan. Mata Al yang menyipit-nyipit menangkap sebuah momen pergerakan mekanis pada mesin pesawat.

“Ling juga sebel. Kalau sudah asik jadi pengamat, AL pasti ga konsen untuk hal lain. Akhirnya sepi tanpa percakapan sampai….waktu boarding tiba! Di dalam kabin, mereka berebutan duduk di bangku dekat jendela. Sudah jelas-jelas nomer kursi milik Al adalah A dan Ling adalah B, namun tetap saja Ling menduduki tempat duduk dekat jendela.

Untung buat Al, pesawat menuju kota Balikpapan itu masih menyisakan bangku kosong di beberapa tempat. “Ling, gue pindah ke jendela tetangga ya.” Tanpa menunggu jawaban, Al angkat pantat menuju bangku kosong tepat di belakang Ling.

Jadilah selama 2 jam 5 menit ke depan, mereka dengan jendelanya masing-masing. Sekitar 1 jam 50 menit berlalu, pesawat mulai bersiap mendarat. “Landing position nih, Ling.” Al sudah siap siap memperhatikan mesin di samping luar jendela nya. Ah hujan turun, pesawat terus melaju membelahnya.

Tibalah saat yang dinantikan oleh Al. Pesawat menyentuh landasan, didahului gerakan mekanis berupa membukanya tutup mesin sedemikian rupa, dan yang menakjubkan adalah landasan yang basah di bagian depan bawah mesin tiba2 bergolak membentuk kabut, seolah ada yang menyemburkan udara dengan kuat ke arah landasan.

Ah…Nampaknya ini lah “rem” yang mampu menghentikan laju pesawat. “Lihat ga, Ling? Mesin pesawat yang pada saat terbang menyemburkan udara ke arah belakang pesawat, maka saat berhenti akan menyembur ke depan. Ini yang menyebabkan laju pesawat dilawan oleh semburan terbalik mesin ini.” Al menyimpulkan demikian karena semburan gas yang terbalik ini lah yang membuat air di landasan basah itu berhamburan.

“Lihat deh, Al. Ada pesawat “ngetem” nunggu yang lainnya turun,” Ling ga nyambung.

“Ngerem Ling, bukan “ngeteeeem”,” Al makin kesal.

“Oohh yayaya, hehehe.”

“Gini Ling, yang terjadi adalah saat mendarat, mesin jet pesawat itu bekerja secara berlawanan untuk memberi gaya dorong ke depan hingga akhirnya pesawat berhenti. Nah, artinya sebenarnya pesawat terbang bisa berjalan mundur kan?” kata Al.

“Namun tentu hal tersebut tidak dilakukan di APRON di mana terdapat banyak penumpang dan utilitas penerbangan seperti bus, kendaraan dan juga ruang tunggu ini. Bisa-bisa semua yang ada di depan pesawat beterbangan tertiup mesin pesawat yang sedang mundur,” lanjut Al.

“Lagipula, tentu saja lebih hemat mendorong pesawat dengan mobil dorong, daripada buang-buang avtur untuk sekedar memundurkan pesawat. Ahaa.. Begitulah kesimpulannya..” Al terus menjelaskan dengan berapi-api.

“Ling bengong. “Apron? Avtur? Apa hubungannya landing dan pesawat bisa mundur?”

***Penumpang yang terhormat, cepetan turun….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: